Senin, 02 Mei 2016

Pengertian dan Contoh Mim mati-Ilmu Tajwid


Hukum Mim mati adalah bagian atau cabang dari pembelajaran Ilmu Tajwid, maka daripada itu saya akan menjelaskn tentang ilmu tajwid pada bab Mim mati. Mim mati atau sering disebut dengan Mim sukun bila bertemu dengan salah satu huruf Hijaiyyah yang 28 tersebut. yaitu:







Mim Mati terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

Ikhfa Syafawi: Apabila Mim mati bertemu dengan huruf Ba, maka membacanya harus samar-samar. artinya pada saat membaca disamarkan antara Mim dan Ba dan terdengar seperti di dengungkan.
Contoh
فاحكم بيننهم Maka di bacanya Fahkum Bainahum
ترميهم بحجارة Maka di bacanya Tarmihim Bihijaratin
تقيكم بأسكم Maka di bacanya Taqikum Basukum.

Idgham Mimi (Idgham Mutamatsilain): Definisinya yaitu Mim mati bertemu dengan huruf Mim (م). Cara membacanya yaitu mendengung dengan memasukan huruf Mim mati kedalam huruf Mim di depannya.
Contoh:
ام من Maka di bacanya Am man
كم من فئة Maka di bacanya Kam Min Fiatin
اجرهم مرتين Maka di bacanya Ajrahum Marratain.

Idzhar Syafawi: Definisinya adalah, apabila Mim mati bertemu dengan huruf Hijaiyyah (salah satunya), kecuali huruf Mim dan Ba maka hukum bacaannya yaitu Idzhar Syafawi.
Contoh:
لعلكم تتقون Maka di bacanya La'allakum Tattaqun
ولم يكن لة Maka di bacanya Walam Yakullahu
الحمد Maka di bacanya Alhamdu.

Demikianlah pembahasan tentang Mim mati dalam ilmu tajwid, setelah mempelajarinya semoga dapat membedakan antara Mim mati dan Nun sukun/tanwin. Semoga termotivasi untuk terus mempelajari tentang ilmu tajwid dan mengaplikasikannya dalam setiap pembacaan ayat-ayat suci AL-Quran.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.